Tips Penulisan Link Internal Dalam Postingan



Berangkat dari pengalaman pribadi yang terpaksa berganti domain, dan mengakibatkan broken link hampir di setiap postingan. Tentu tidak lucu jika Anda harus mengalami hal serupa dengan saya, melakukan edit manual 888 artikel demi membuang broken link, salah satu musuh utama Google.

Link Internal
Link internal bisa diartikan sebagai link yang menuju kepada bagian lain pada domain yang sama, sebaliknya link eksternal adalah link yang menuju kepada domain yang berbeda. Kutipan dari wikipedia:

Links are considered either "external" or "internal" depending on perspective. Generally, a link to a page outside the same domain is considered external, whereas one in the same domain is considered internal.

Pengeposan Compose dan Edit HTML
Ketika kita menulis postingan di Blogger, maka kita mempunyai dua pilihan, yakni pengeposan mode compose atau edit HTML. Pada mode compose segala macam effect diterapkan secara otomatis mirip dengan penulisan di program pengolah kata semacam microsoft Word. Sedangkan pada mode edit HTML semua dilakukan secara manual dengan penulisan kode-kode. Perhatikan bagian kanan atas kotak tulis Anda di blogger, klik untuk memilih pengeposan Compose atau Edit HTML.

Inti: Tips Penulisan Link Internal
Jika membaca artikel di blog ini, maka Anda akan sering sekali menemui link-link rujukan yang diawali kata, Baca: yang menuju ke artikel serupa dalam blog ini. Itu adalah contoh link internal. Contoh penulisan kode link internal adalah:
<a href="http://www.themasdoyok.com/2011/08/2-step-verifikasi-untuk-keamanan-email.html">2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger</a>


sedangkan kode penulisan link internal yang baik adalah:
<a href="/2011/08/2-step-verifikasi-untuk-keamanan-email.html">2 Step Verifikasi Untuk Keamanan Email Blogger</a>

Pada URL kita tidak menyertakan http://www.themasdoyok.com. Dengan cara ini otomatis link akan mengikuti akar domain yang berbeda jika kita terpaksa mengganti domain. Contoh kode penulisan untuk home:
<a href="/">Home</a>

Pada URL hanya dituliskan / yang berarti alamat link adalah akardomain + /. Jika domain blog tempat link tersebut adalah http://www.themasdoyok.com, maka tujuan link menjadi http://www.themasdoyok.com/, jika domain tempat link tersebut adalah http://google.com, maka tujuan link adalah http://google.com/

Dengan cara penulisan seperti ini, jika kita terpaksa berganti domain karena suatu alasan, maka link otomatis mengikutinya, dan kita tidak mesti mengeditnya manual satu persatu.

Tips Di Akhir...
- Penulisan link seperti ini melalui pengeposan Edit HTML, dan menerbitkannya dari mode edit HTML juga.
- Setelah menulis link internal seperti ini pada mode Edit HTML, jangan berpindah dan menerbitkannya dalam mode Compose, karena ketika kita berpindah ke Mode Compose yang bukan kode manual, maka link otomatis akan mengikuti akar domain. Sementara ketika kita login blogger, maka akar domain adalah blogger.com, sehingga link Anda menjadi berawalan blogger.com. 
le texte existent réellement à ce lien


Jangan Lupa Jempolnya :


 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 tutorial blogger indonesia PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info