Top Blog Tutorial - Blog Panduan untuk Blogger Pemula. dan ProBlogger untuk mengedit Blog



Top Blog Tutorial - Blog Panduan untuk Blogger Pemula. dan ProBlogger untuk mengedit Blog


Serangan Jantung Pagi Hari Picu Kematian

Posted: 04 May 2011 09:01 AM PDT


Serangan Jantung Pagi Hari Picu Kematian
TBT - Serangan jantung memang bisa terjadi kapan saja dan menyerang siapa saja. Namun penelitian terbaru menyebutkan serangan pada pagi hari memiliki risiko kematian tinggi.

Sebuah studi yang dilakukan beberapa peneliti di Spanyol menemukan fakta, serangan jantung di pagi hari cenderung lebih serius dari pada waktu-waktu lain. Bahkan jika terjadi mulai pukul 06.00 pagi hingga siang hari kemungkinan kerusakan otot jantung akan bertambah parah sekitar 20%.

Seperti dikutip dari Healthday, Dr Berja Ibanez dari National Center for Cardiovascular Research di Mandrid menjelaskan, kejadian serangan jantung bisa berlaku sepanjang hari dengan kejadian lebih serius jika terjadi pada pagi hari.

"Berdasarkan spekulasi, meskipun tidak terbukti, ritme sirkadian memicu pelepasan zat ke dalam aliran darah yang membuat jantung lebih rentan terhadap serangan pada waktu tertentu dalam sehari," kata Ibanez.

"Yang belum diteliti adalah pengaruh waktu terjadinya serangan jantung pada tingkat kematian otot jantung."

Seperti yang telah dilaporkan dalam jurnal Heart, Ibanez menambahkan, penelitian ini merupakan pertama kali yang menunjukkan jika jantung manusia memiliki daya tahan tertentu untuk terjadinya iskemia dalam sehari.

Iskemia adalah suatu keadaan ketidakseimbangan antara kebutuhan jantung akan darah dan pasokan, atau suplai darah yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah arteri koroner.

Sebagai sample penelitian Ibanez dan timnya mengumpulkan lebih dari 811 pasien yang mengalami serangan jantung antara 2003-2009. Khususnya mereka yang memiliki kerusakan otot jantung.

Para peneliti menemukan fakta, kerusakan yang paling parah terjadi ketika serangan terjadi pada pagi hari pukul 06.00 hingga siang hari, dibandingkan dengan mereka yang terkena serangan jantung sore hari.

Dari penelitian itu, tim Ibanez menentukan jumlah kerusakan yang terjadi pada otot jantung dengan melihat jumlah dua zat enzim yang dilepaskan selama serangan jantung tersebut yaitu creatin kinase dan troponin 1.

Para peneliti mencatat, orang-orang yang terkena serangan jantung di pagi hari memiliki 21% tingkat lebih tinggi dari kandungan kedua enzim tersebut dibandingkan dengan serangan yang terjadi di kemudian harinya.

Di antara pasien yang diteliti, 269 orang mengalami serangan jantung pada pagi hari , 240 orang terkena serangan di sore hari, 161 orang mengalami serangan jantung antara pukul 06.00 sore hingga tengah malam, dan 141 orang lainnya menderita serangan antara tengah malam hingga pukul 06.00 pagi.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa serangan yang terjadi pada dinding belakang jantung menyebabkan kerusakan lebih parah dibanding yang terjadi di lokasi lain dalam jantung.

"Temuan ini merupakan implikasi penting, dilihat dari sudut pandang pengobatan ketika serangan jantung terjadi pada pagi hari, maka pengelolaan kasus yang lebih agresif dapat menghasilkan hasil lebih baik," ujarnya.

Selanjutnya, Ibanez menambahkan, serangan jantung yang menyebabkan kerusakan jantung lebih tinggi terjadi pada pagi hari bisa membantu dalam mengembangkan obat baru yang dapat menargetkan penyebab spesifik dari serangan tersebut.

[via - http://mahing.com/2011/05/04/serangan-jantung-pagi-hari-picu-kematian/]


Jangan Lupa Jempolnya :


 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 tutorial blogger indonesia PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info