adabisnis.com - Belajar Bisnis Internet Secara Gratis



adabisnis.com - Belajar Bisnis Internet Secara Gratis

Link to ADAbisnis.com

Cloud hosting : Shared hosting rasa VPS

Posted:

Apa itu cloud linux ?

http://webhostingchennai.net/images/cloud_linux.jpgCloud Linux adalah sebuah sistem operasi berbayar berbasis CentOS. Yang membedakan sistem operasi ini dengan yang lainnya adalah adanya LVE.

Cloud linux membuat sebuah ruangan virtual untuk masing-masing akun / user cPanel dan mengijinkan admin sistem untuk membatasi jumlah resources pada masing-masing user. Iniah yang membedakannya dengan script sejenis PRM (Process Resource Monitor).

Mengapa cloud linux?

Di dalam server konvensional, tidak ada pembatasan resources untuk masing-masing user (user di sini adalah 1 akun cPanel, bukan 1 domain).

Masalah utama resources adalah dari penggunaan CPU, IO disk, query MySQL yang buruk dan script yang jalan lainnya. Sebelum cloud linux ada, hal ini seperti permainan antara kucing dan tikus. Admin sistem mendapat email pemberitahuan mengenai user yang menyebabkan server load, lalu ia login ke WHM dan segera mensuspend user tersebut.

User tidak nyaman karena disuspend. Admin sistem juga jadi kerja ekstra karena harus mensuspend user… ckckck. Kucing VS Tikus!

Dengan adanya cloud linux, maka hal itu tidak lagi terjadi. Jika 1 user menyebabkan load, maka tidak akan mempengaruhi resources secara keseluruhan karena user tersebut akan terlimit oleh resources untuk dirinya sendiri. Sehingga tidak perlu disuspend, tetapi aksesnya/prosesnya akan jadi lemot atau bahkan muncul halaman error 503 yang artinya server lagi sibuk.

https://lh4.googleusercontent.com/_9W8681AXnyo/TdSJwawmzOI/AAAAAAAAAfA/fDfHcv_hiz4/s640/cl.png

Gambar kiri adalah OS konvensional dimana jika terjadi overload yang disebabkan oleh salah satu user, maka akan berefek pada keseluruhan server.

Sedang pada gambar kanan adalah gambar ilustrasi CloudLinux dengan LVE yang dibatasi berdasarkan ruang-ruang virtual. Sehingga semua user mendapat jatah resources yang sama dan apabila terjadi overload hanya akan berefek pada user itu sendiri.

LVE, singkatan dari Lightweight Virtual Environment, adalah pendorong dari teknologi CL (Cloud linux) ini. LVE, yang dikembangkan secara ekslusif oleh tim cloud linux, adalah sebuah teknologi level kernel yang menangani isolasi dan monitoring resource.

Jadi LVE menggabungkan bersama teknologi yang disediakan oleh modul Apache dan kernel linux.

LVE dan cPanel / WHM

CL  telah mengembangkan sebuah plugins yang dapat digunakan secara khusus untuk cPanel/ WHM. Instalasinya melalui yum. Plugin ini berguna untuk melihat resources secara akurat, dan juga untuk mengedit batasan LVE default dan individual.

https://lh5.googleusercontent.com/_9W8681AXnyo/TdSX6MJA_2I/AAAAAAAAAfQ/Tk2w3dw1SjU/CL2.jpg

Gambar di atas adalah gambar yang ada di cPanel user. Anda bisa melihat CPU Usage dan entry processes.

 

Real case

Shared hosting yang menggunakan cloud linux disebut cloud hosting. Dengan cloud hosting, maka Anda akan menikmati shared hosting serasa VPS.

Blog ini sudah menggunakan cloud hosting. Jika Anda mendapati akses ke blog ini rasanya lambat dari biasanya, itu bukan karena servernya yang lambat, tetapi mungkin karena resources untuk blog ini sedang full 100%. Tunggu beberapa saat atau reload aja.

Terus bagaimana jika resourcesnya sudah sering mentok 100% ? Ya solusinya adalah upgrade ke VPS yang mantef tentunya.

 

Kesimpulan

Jadi, cloud linux adalah sebuah solusi yang memudahkan admin server karena tidak perlu kelabakan untuk mensuspend user yang menyebabkan overload. Dan untuk user, tidak perlu pening lagi akibat suspend tiba-tiba.

Ke depan, klikhost.com akan menyediakan cloud hosting dengan fasilitas : R1soft back up (7 day – daily back up), softaculous, fantastico, LiteSpeed.

Number of View: 60



Jangan Lupa Jempolnya :


 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 tutorial blogger indonesia PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info