Mas Doyok!



Mas Doyok!


Facebook Comment dan SEO

Posted: 29 Apr 2011 10:30 PM PDT

Kereta SEO lama berhenti dan selama itu pulalah serial SEO Tour mandek. Di Episode 3, saya berusaha membangkitkan berbagai serial yang berhenti di tengah jalan seiring masa vakum lama blog ini beberapa bulan yang lalu, dan tentunya ada beberapa konsep baru yang bakal saya sajikan untuk Anda.

Mari kita awali dengan kembali ke gerbong terdepan SEO Tour, berputar membahas facebook comment yang pernah saya bahas di beberapa seri sebelumnya:

- Facebook Comment dengan Reply Untuk Setiap Postingan
- Membuat Halaman Testimony dengan Facebook Comment

Facebook Comment dapat menghidupkan halaman blog Anda,
namun disamping itu facebook comment juga memberi potensi buruk untuk Anda.
- Dari segi SEO, facebook comment bukan bagian yang baik untuk blog kita, karena facebook comment menggunakan sistem iFrame. Hindari penggunaan iFrame jika tidak benar-benar dibutuhkan.
- Iframe tidak terbaca oleh robot Google, dan iFrame menjadi salah satu bagian tidak valid dari template.
- Facebook Comment memudahkan beberapa pengguna facebook untuk komentar lebih cepat. Otomatis, beberapa orang akan memilih berkomentar dengan sarana facebook comment ketimbang dengan komentar asli bawaan blogspot yang jelas mendukung SEO
- Menambah loading blog, karena kita memanggil script tambahan dari sumber luar yakni facebook.

Ketika Anda bertanya, Apakah facebook comment bagus untuk SEO?
Saya jawab, "Tidak! Namun Facebook Comment menjadi salah satu unsur pentin optimasi blog lewat jalan lain yakni SBO alias Social Bookmark Optimization.
- Ketika seseorang berkomentar dengan facebook comment, dalam keadaan standart akan ada laporan kiriman di dinding facebooknya tentang isi komentarnya dan judul artikel yang ia komentari. Jika ia mempunyai banyak teman, sadar tidak sadar ia telah membantu mempromosikan blog Anda lewat dindingnya.
- Komentar akan lebih hidup karena adanya pemberitahuan langsung di facebook ketika ada balasan komentar baru. Berbeda dengan blogspot yang yang langganan komentar akan dikirim ke email.

Lalu, kapan saya menggunakan facebook comment,
dan kapan saya tidak menggunakannya?. Mari kita amati bersama...
- Jika Anda mengincar SEO yang ideal dan mengincar kunjungan dari Google, sementara blog Anda masih baru dan belum mempunyai pelanggan tetap, sebaiknya Anda tidak menggunakannya, namun...
- Jika Anda memiliki banyak teman di facebook, sebaiknya Anda menggunakannya karena traffic dari facebook pun bisa menjadi sumber traffic yang hebat.

Ketika Anda mulai jenuh dengan optimasi mesin pencari, social bookmark bisa menjadi solusi yang menyegarkan angka kunjungan ke blog Anda

Saya menggunakannya... Apa yang saya dapat?
Ketika blog sudah berumur cukup lama dan ditunjang optimasi mesin pencari yang baik, maka kita bisa lebih tenang untuk memasang facebook comment yang mengurangi nilai SEO. Laporan statistik bulan ini untuk blog ini adalah:
- 76 % dari Google
- dan secara mengejutkan Facebook yang tadinya berada di peringkat 10 dengan hanya menyumbang sekitar 5% kunjungan naik ke posisi dua dengan prosentase 20%,
- Sumber traffic lain datang dari blogspot yang berarti datang dari link-link blog saya yang dipasang di blog lain dan juga social bookmark atau media submit berita seperti lintasberita.

Di Akhir...
Facebook comment tidak baik buat SEO namun cukup menjanjikan untuk optimasi lewat cara lain yang kita kenal dengan SBO, jika nyatanya anda sudah berada di titik jenuh ulik mesin pencari. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan...

NB: Tidak lupa saya mengingatkan kepada Anda untuk bergabung di forum.masdoyok.co.cc yang kini semakin asyik. Terima kasih untuk penghuni terbaru brekele dan Garyu73 yang memberikan beberapa thread menarik, termasuk tentang bagaimana cara Anda membuat layanan hosting gratis sendiri yang bisa Anda bagikan untuk klien Anda.


Jangan Lupa Jempolnya :


 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 tutorial blogger indonesia PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info