Mas Doyok!



Mas Doyok!


Dashboard Baru Blogger, Bukan Sekedar Janji

Posted: 24 Apr 2011 08:57 AM PDT

Tidak ada kabar paling ditunggu pengguna mesin blogger setelah janji blogger dikeluarkan soal dashboard baru (baca: Blogger Berniat Membuat Gebrakan di 2011). Dan ternyata itu bukan sekedar isapan jempol, karena hari ini blogger kembali mengumumkan tentang dashboard baru mereka di blog resmi draft blogger: Blogger, Redesigned 

Mulai hari ini fitur dashboard baru ini akan diperkenalkan secara berkala, seperti fitur statistik (baca: Blogger Statistik, Analisa Pengunjung Blog Anda) yang tahun lalu dikenalkan Blogger pun tidak langsung bisa dinikmati semua pengguna. Kang Rohman sang empu blogger yang telah bertahun-tahun ngeblog mendapatkan fitur baru statistik beberapa hari lebih awal ketimbang saya.

Jadi kita hanya perlu sedikit bersabar lagi, karena Blogger menjanjikan tidak lama lagi fitur ini akan segera bisa dinikmati pengguna blogger lewat Draft Blogger. Jika teman Anda bercerita telah mendapatkan fitur baru ini, semantara Anda belum... jangan khawatir karena ini tanpa daftar dan Akhirnya semua pengguna Blogger akan bisa menggunakannya.

Bisa jadi Anda harap-harap cemas ingin menjadi yang pertama yang menikmati fitur ini. Jika tidak mau ketinggalan silahkan Anda login setiap hari ke draft.blogger.com (bukan blogger.com) atau Anda bisa setel dashboard default anda ke draft.blogger.com, sehingga ketika Anda login blogger.com Anda akan secara otomatis berada di draft.blogger.com.

Caranya mudah:
1. Kunjungi draft.blogger.com
2. Centang pada Jadikan Blogger dalam Konsep Sebagai Dasbor default saya.


Sekedar tambahan, draft blogger adalah cara lain Anda login ke akun blog Anda. Draft Blogger bisanya digunakan untuk memperkenalkan terobosan baru Blogger yang masih dalam tahap uji sebelum secara resmi beanr-benar di luncurkan di Blogger.Com

Sedikit info menjelang tidur... semoga bermanfaat...

Cara Mudah Meminimalisasi Hasil Cari AGC dari Google

Posted: 24 Apr 2011 03:02 AM PDT

Seperti kita tahu akhir-akhir ini blog konten otomatis (baca: Bertahan diantara maraknya blog auto content) benar-benar mengganggu hasil cari Google. Untuk beberapa orang yang masih awam dengan masalah ini memang bisa menjadi masalah besar karena ia akan kesulitan menemukan artikel yang tepat dan hanya berputar-putar jika terjebak masuk ke blog auto generated content.

Ada banyak ciri dari auto generated content yang bisa Anda hindari, seperti pada postingan mas Iskandaria di Mari Menghajar Situs Auto Generated Content.

http://kafegue.com/wp-content/uploads/2011/03/penyanyi-bersuara-khas.gif
 source image: http://kafegue.com/mari-menghajar-situs-auto-generated-content-dengan-cara-ini/

Screen Shoot di atas adalah hasil cari dengan keyword Penyanyi Bersuara Khas. Dari perbandingan 7 hasil cari di atas, bayangkan hanya ada satu hasil cari yang benar dan yang lainnya dikuasai auto generated content yang hanya menjebak. Perhatikan screen shoot di atas dan kita bisa mengambil kesimpulan hasil cari yang menuju ke AGC Blog adalah sebagai berikut:

Dari Judul Artikel
Ada tulisan Search atau Search result for atau Cari, berbagai kombinasinya seperti berikut ini:
http://kafegue.com/wp-content/uploads/2011/03/search-result.gif
- Judul Artikel | Search...
- Search Result For: Judul Artikel
- Search > Judul Artikel
- Cari: Judul Artikel

Mengandung tanda plus +
Misalkan judul artikel dengan format Download+Keygen+Nero+Terbaru


Dari Link Artikel
Dari link artikel dapat diketahui dengan adanyatanda plus (+)
http://kafegue.com/wp-content/uploads/2011/03/url-hasil.png
Mengandung kata-kata search, cari, tag, serial, post, topic dan masih banyak lagi, misal:
- http://alamatblog.com/search/judulartikel
- http://alamatblog.com/search/node/judulartikel
- http://alamatblog.com/topic/judulartikel
- http://alamatblog.com/tag/judulartikel
- http://alamatblog.com/cari/judulartikel
- http://alamatblog.com/query/judulartikel
dan masih banyak lagi....

Cara Meminimalisasi atau Menetralkan Hasil Cari Google Dari AGC
Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan block terhadap situs-situs AGC. Hal ini bisa dilakukan jika Anda dalam keadaan login ke akun Google Anda. Silahkan Anda masuk ke alamat berikut ini:
http://www.google.com/reviews/t

Silahkan masukkan alamat-alamat blog AGC dan hasil cari dari blog tersebut tidak akan muncul di hasil pencarian Google. Jika Anda salah blokir, silahkan klik Unblock.

Manfaatkan Karakter Spesial
Trik di atas berlaku jika Anda dalam keadaan login akun Google. Jika Anda berada di warnet atau komputer teman, kadang Anda merasa segan untuk login karena berbagai alasan. Jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan spesial karakter - (tanda min) saat ketikkan keyword hasil cari.
Misalkan Biasanya Anda ketikkan keyword:
5 presenter terbaik indonesia
Maka silahkan Anda gunakan tambahan seperti berikut ini: 
5 presenter terbaik indonesia -/search -/cari -/serial -/tag -/topic -/query
yang berwarna merah berarti Anda menyingkirkan hasil cari yang mengandung /search /cari /serial /tag dan /topic. Jika Anda menemukan ciri lain blog AGC, Anda bisa menambahkan lagi di bagian belakang keyword dengan format -/ciriblogAGC.

Seperti screenshoot di atas, hanya ada satu hasil yang cocok dan itu dari situs asli penyedia kontennya. Ampuh bukan..... Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

Melihat dan Menampilakan Postingan Label Kembar (Multiple Label)

Posted: 23 Apr 2011 07:17 PM PDT

Label menjadi salah satu hal penting untuk postingan Anda (baca: Pentingnya Label dan Tips Penentuannya). Label bisa memudahkan pengunjung untuk mencari sesautu artikel yang bertipe sama. Artikel ini akan membantu Anda baik sebagai pembaca maupun pemilik blog.

Anda Adalah Seorang Pembaca
Bagi seorang pembaca, kadang ia menemui suatu blog dengan konten luar biasa banyak, dan ia ingin sunting membaca artikel-artikel dengan jenis tertentu saja. Dalam suatu blog tutorial seperti blog ini saja misalnya yang sudah memiliki 800 artikel lebih, akan ada banyak sekali cabang: Google, Yahoo, Gadget, Webmaster, CSS, Javascript dan masih banyak lagi label yang lain. Apalagi jika Anda menemukan blog yang tidak memiliki topik tertentu dan memiliki artikel beraneka ragam mulai tutorial, tips kuliner hingga gosip artis. Dipastikan pengunjung akan kesulitan menemukan artikel yang sejenis, jika..... tidak ada label.

Nah, seperti kita tahu selama ini Anda bisa melihat postingan dengan label tertentu dengan akses halaman:
http://www.masdoyok.co.cc/search/label/SEO

merah pertama adalah alamat blog, dan merah kedua (facebook) adalah labelnya. Jadi ketika Anda akses halaman tersebut, maka blog tertuju hanya menampilkan list postingan dengan label tertentu saja.

Selain dengan cara di atas, Anda juga bisa membuka postingan dengan label tertentu, dengan cara memanggil feeds seperti link berikut ini:
http://www.masdoyok.co.cc/feeds/posts/default/-/SEO

Dengan cara pertama, postingan dengan label tertentu akan ditampilkan di blog langsung, sementara cara kedua akan ditampilkan di halaman feeds yang tentu lebih ringan.

Lalu..., sebenarnya poin dari artikel ini adalah bagaimana cara Anda menampilkan postingan-postingan dengan label kembar saja. Misalkan di blog ini ada artikel tentang SEO, dan artikel SEO sendiri bisa menyangkut Google, Yahoo dan mesin pencari lain. Kemudian Anda berpikiran untuk menyaring ingin membaca artikel SEO yang khusus Google saja. Dan cara ini hanya bisa dilakukan dengan pemanggilan feeds.

Maka Anda bisa menampilkannya dengan cara akses alamat berikut:

http://www.masdoyok.co.cc/feeds/posts/default/-/SEO/google

Pisahkan label satu dengan label yang lain dengan tanda miring (/). Ingat bahwa label sensitif dengan huruf besar dan huruf kecil. Dengan cara di atas, maka akan ditampilkan postingan blog ini yang memiliki label SEO dan Google. Postingan dengan label 'SEO' saja, atau dengan label 'google' saja tidak akan ditampilkan. Mudah bukan? Anda bisa menentukan hingga banyak label seterusnya dengan format /-/label1/label2/label3/......./labeln.

Anda Seorang Pemilik Blog
Sekarang saat Anda berposisi sebagai pemilik blog, kadang Anda memiliki unggulan untuk artikel berlabel tertentu. Misalkan Anda memiliki blog tutorial, dan kita tahu banyak sekali blogger tutorial yang menjadi pesaing. Kemudian Anda memiliki kelebihan tersendiri dalam pembahasan SEO. Maka Anda mempunyai pilihan untuk menarik pengunjung dengan menampilkan gadget artikel terbaru 'namun hanya pada label tertentu'.

Silahkan Anda pergi ke Blogger -> Rancangan -> Add Gadget -> Pilih gadget Feeds
Kemudian masukkan alamat feeds di atas. Bisa feed berlabel tunggal ataupun feeds dengan label kembar.

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat dan salam freshhhh.. Jangan lupa bergabung di Mas Doyok Forum dengan banyak kemudahan....


Jangan Lupa Jempolnya :


 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 tutorial blogger indonesia PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info