Asrizal Wahdan Wilsa



Asrizal Wahdan Wilsa


Ancaman Virus Ganas Terbaru 2011

Posted: 01 Mar 2011 07:11 AM PST

Ancaman Virus Ganas Terbaru 2011 - Sebuah virus baru sudah ditemukan, dan digolongkan oleh Microsoft sebagai yang paling merusak! Virus itu baru ditemukan pada hari Minggu siang yang lalu oleh McAfee, dan belum ditemukan vaksin untuk mengalahkannya.
Virus ini merusak Zero dari Sektor hard disk, yang menyimpan fungsi informasi-informasi terpenting. Virus ini berjalan sebagai berikut :
"Secara otomatis virus ini akan terkirim ke semua nama dalam daftar alamat email anda dengan judul "Sebuah Kartu Untuk Anda" ( Une Carte Pour Vous , atau A Card For You )"
Begitu kartu virtual itu terbuka, virus itu akan membekukan komputer sehingga penggunanya harus memulainya kembali, kalau anda menekan CTRL+ALT+DEL atau perintah untuk restart, virus itu akan merusak Zero dari Sektor Boot hard disk, sehingga hard disk akan rusak secara permanen.

Menurut CNN, virus itu dalam beberapa jam sudah menimbulkan kepanikan di New York.. Peringatan ini telah diterima oleh pegawai Microsoft sendiri.

Jangan membuka e-mail dengan judul "Sebuah kartu virtual untuk Anda" ( Une Carte Virtuelle Pour Vous atau A Virtual Card For You ).

Kirimkan pesan ini kepada semua teman anda. Saya rasa bahwa sebagian besar orang, seperti saya sendiri, lebih suka mendapat peringatan ini 25 kali daripada tidak sama sekali.

Awas !
Jangan terima kontak " pti_bout_de_chou@hotmail.com ". Ini virus yang akan memformat komputer anda. Kirimkan pesan ini ke semua orang yang ada di dalam daftar alamat anda.
Kalau anda tidak melakukannya dan salah seorang teman anda memasukkannya dalam daftar alamatnya, komputer anda juga akan terkena.
Perhatian kepada rekan-rekan pembaca setia blog ini , Bila suatu hari anda menerima e-mail Powerpoint Presentation dengan judul "Life is beautiful.pps" , JANGAN DIBUKA DENGAN ALASAN APAPUN dan delete -lah segera. Apabila anda membuka file tersebut, maka di layar anda akan terbaca "Now it is too late, your life is nolonger beautiful", setelah itu Anda akan KEHILANGAN SEMUANYA BAIK DATA,SOFTWARE, PROGRAM ATAUPUN SEJENISNYA YA NG ADA DI DALAM PC anda, jenis virus ini sangat merusak dan orang yang mengirimkanya akan mendapat nama akses, e-mail & password anda. Itu adalah jenis virus baru yang mulai pada hari Sabtu malam dan belum ada anti virusnya. Si pencipta virus ini adalah seorang hacker yang mengklaim dirinya sebagai Yang Empunya Kehidupan dan akan melawan Microsoft dalam menegakan keadilan. Oleh sebab itu virus itu datang dengan menyamarkan diri sebagai pps extension. 
Sumber artikel : http://www.adiefamzblogger.co.cc/2011/01/ancaman-virus-terbaru-2011.html

Mengatasi Pesan Error Hal.dll Is Missing Pada Windows

Posted: 01 Mar 2011 06:46 AM PST

Mengatasi Pesan Error Hal.dll Is Missing Pada Windows Hal ini juga pernah saya alami ketika saya masih menggunakan windows XP tepatnya beberapa bulan kemarin, karena mengalami hal ini, akhirnya tanpa pikir panjang saya instal ulang Laptop saya menjadi windows seven. Pada artikel sebelumnya saya pernah memaparkan mengenai bagaimana cara mengatasi komputer hang yang ternyata artikel tersebut di Copy Paste oleh blogger yang tidak bertanggung jawab dan tidak menuliskan sumbernya! sungguh membuat saya kesal tentunya. Hal.dll is missing. Apakah Anda pernah melihat pesan error semacam itu? Apa sebenarnya Hal.dll itu dan bagamana mengatasi masalah Windows terkait dengan file ini?

Pengertian HAL
HAL adalah produk Microsoft, singkatan dari Hardware Abstraction Layer, teknologi dan driver yang mampu membuat Windows NT, 2000, dan XP berkomunikasi dengan Hardware PC. HAL adalah salah satu fitur dari Sistem File NT (NTFS) yang menggantikan teknologi MS-DOS yang sudah sangat kuno. Fitur inilah yang menjadikan sistem operasi berbasis NT menjadi lebih aman dan handal dibandingkan Windows 95, 98 dan Me.
HAL mengatur dan mengkondisikan aplikasi sehingga tidak mengakses memori PC, CPU dan hardware lain secara langsung. Dencan cara ini Windows akan mengurangi potensi konflik hardware dan crash. Sayangnya, HAL terkadang justru memperlambat bahkan menghentikan game-game dan program DOS yang secara default memerlukan akses hardware dan memori agar berjalan lebih lancar.
Sejak versi XP, Windows juga menawarkan fitur Compatibility Mode yang ditujukan untuk membantu pengguna menjalankan program yang berjalan dalam versi sebelumnya. Namun, sebagian besar program dan game berbasis DOS bahkan beberapa program Windows tetap tidak berjalan lancar di sistem operasi XP.  Biasanya, ketika ada masalah yang berkaitan dengan HAL, Windows akan memunculkan salah satu pesan di bawah ini.
  • Windows could not start because the following file is missing or corrupt:
    \System32\hal.dll
    Please re-install a copy of the above file.
  • windows_root\System32\hal.dll missing or corrupt:
    Please re-install a copy of the above file.
  • Windows could not start because of a computer disk hardware configuration problem.
    Could not read from the selected boot disk. Check boot path and disk hardware.
    Please check the Windows documentation about hardware disk configuration and your hardware reference manuals for additional information.
Sebab
Hal ini terjadi karena file HAL.dll hilang atau rusak, atau karena konfigurasi sistem telah berubah dan Windows sehingga windows mengajukan protes karena ada sesuatu yang tidak ada pada tempat yang seharusnya.
Solusi
Microsoft telah menyertakan perangkat (tool) yang disebut sebagai Recovery Console sejak Windows 2000 dan Windows XP. Tool inilah yang bisa kita pakai untuk mengembalikan posisi HAL.dll pada tempatnya. Untuk itu, Anda akan memerlukan CD Instalasi Windows. Selanjutnya ada dua cara yang bisa ditempuh dan keduanya sama-sama menggunakan Microsoft Windows Recovery Console berikut:
  1. Hidupkan PC dan masukkan CD Windows
  2. Setting BIOS untuk booting lewat CD terlebih dahulu
  3. Ketika ada konfirmasi, tekan sembarang tombol untuk masuk ke mode Instalasi
  4. Saat layar instalasi sudah muncul, pilih R.
  5. Masukkan nomor sesuai dengan Instalasi Windows yang akan direparasi (biasanya nomor 1), kemudian tekan [ENTER]
  6. Ketika ditanya, silakan masukkan password Administrator, akhiri dengan [ENTER]
  7. Sampai di sini ada 2 Cara restorasi yang bisa Anda pilih:
Cara 1
Pada command prompt, ketik baris perintah berikut ini:
ATTRIB -H -R -S C:\BOOT.INI [ENTER]
DEL C:\BOOT.INI [ENTER]
BOOTCFG /REBUILD [ENTER]
FIXBOOT [ENTER]


Keterangan:
C:\ adalah asumsi abjad Windows drive Anda. Jika Windows drive Anda berbeda, silakan ganti dengan abjad yang tepat jika hardware Anda berbeda.
Selanjutnya, keluarkan CD dan Restart komputer.
Cara 2
Ulangi proses booting menggunakan Recovery console sehingga Anda masuk ke mode pengetikan.
Dalam command prompt, silakan ketik baris perintah di bawah ini:
EXPAND D:\I386\HAL.DL_ C:\WINDOWS\SYSTEM32\HAL.DLL [ENTER]
Keterangan:
D:\ adalah CD/DVD drive Anda. Silakan ganti jika hardware Anda berbeda.
C:\ adalah abjad Windows drive Anda. Jika Windows drive Anda berbeda, silakan ganti dengan abjad yang tepat jika hardware Anda berbeda.
Jangan lupa setelah itu Restart komputer, semoga pesan error Hal.dll sudah hilang.
------Semoga Bermanfaat------

Tips/Cara Mengatasi Komputer Hang

Posted: 28 Feb 2011 09:26 PM PST

Tips Mengatasi PC Saat Lagi Lambat atau Lemot - Hampir setiap pengguna komputer yang menggunakan system Windows pasti pernah mengalami komputer yang tiba-tiba "hang", pasti kesal.. dan hal ini tentunya akan mengganggu dan menghambat pekerjaan. Seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya mengenai Tips Mengatasi PC Saat Lagi Lambat atau Lemot yang sangat membuat kita sebagai user bisa sedikit lega. Nah berikut ini tips mudah untuk menutup aplikasi yang Not Responding seperti itu.

Tanda aplikasi yang hang adalah pada title bar aplikasi tertera tulisan Not Responding. Aplikasi yang hang ini tidak bisa ditutup kecuali menggunakan task manager windows.

Menggunakan task manager sebenarnya tidak sulit, tinggal tekan Ctrl + Alt + Del, kemudian klik Start Task Manager. Setelah terbuka cukup pilih aplikasi yang hang, kemudian klik tombol End Task untuk menutup aplikasi yang hang tersebut.

Dengan memanfaatkan file taskkill.exe bawaan windows kita bisa menutup aplikasi not responding dengan jauh lebih mudah. Caranya adalah dengan membuat shortcut ke file taskkill.exe dengan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Klik kanan desktop Anda, Pilih "New""Create New Shortcut"
  • Copy-paste kode warna merah di bawah ke field location shortcut
taskkill.exe /f /fi "status eq not responding"
Setelah melakukan langkah di atas maka akan ada sebuah shortcut dengan nama 'taskkill'. Dengan men-double click shortcut tersebut, komputer akan secara otomatis mengidentifikasi dan menutup setiap program 'Not Responding'. Tips ini bekerja pada Windows XP Pro, Vista dan Windows 7. Selamat Mencoba

PCMAV 4.7 Update Build 1, PCMAV Terbaru, Clamav 0.97.0, PCMAV Februari - PCMAV Maret 2011 Telah Dirilis

Posted: 28 Feb 2011 08:49 PM PST

PCMAV 4.7 Update Build 1, PCMAV Terbaru, Clamav 0.97.0, PCMAV Februari - PCMAV Maret 2011 Telah Dirilis. PC Media - Anti virus PCMAV terbaru bulan ini, PCMAV 4.7 telah hadir bersama diterbitkannya majalah PC Media edisi 03/2011 bulan Maret 2011.

Namun demikian, nampaknya edisi 03/2011 majalah PC Media lambat beredar meski di situs resminya telah lama dipublikasikan. Saat kami mendapatkan majalah ini, PCMAV 4.7 update buil 1 telah tersedia pada server update.

Sementara itu, generasi terbaru PCMAV 5 dengan codename "Valhalla" masih dalam proses pengembangan dan saat ini PCMAV Valhalla telah mencapai tahap beta (menurut situs resminya). Tidak menutup kemungkinan PCMAV 5.0 Valhalla akan dirilis dalam satu atau dua bulan mendatang.

Rilis PCMAV 4.7 yang merupakan PCMAV terbaru bulan Februari 2011 - Maret 2011 datang dengan beberapa penyempurnaan dan update database pengenalan virus baru.

Database pengenalan virus telah diupdate sehingga PCMAV 4.7 Ragnarok3 kini mampu mengenali 3.923 virus beserta variannya dan update build 1 telah menambahkan pengenalan terhadap 72 virus baru. Perbaikan bug yang ditemukan pada versi sebelumnya dan penambahan removal engine khusus untuk pembersihan tuntas virus Fanny, Rascal.B, FakeAV-Downloader.G, Delp-Shortcut beserta variannya juga telah ditambahkan pada PCMAV 4.7.

Seperti biasa, kami mengingatkan Anda untuk membaca README.txt yang disertakan dalam paket PCMAV 4.7 sebelum menggunakannya.

Cara menggunakan PCMAV 4.7:

Salin paket PCMAV 4.7 dari DVD PC Media ke dalam hardisk sehingga Anda mendapatkan PCMAV 4.7 yang siap digunakan.

Bagi Anda yang berada di wilayah tak terjangkau distribusi majalah PC Media atau karena suatu hal tidak dapat menggunakan paket PCMAV yang disertakan dalam DVD PC Media namun sangat membutuhkannya, silahkan download PCMAV 4.7 dari sini.

Matikan terlebih dahulu PCMAV versi sebelumnya dengan cara meng-klik kanan ikon PCMAV (bebek kuning) pada notifikasi area lalu pilih menu "exit".

Tunggulah beberapa saat hingga proses PCMAV.exe dimatikan, jika perlu Anda dapat memastikan apakah proses PCMAV.exe telah benar-benar dimatikan melalui task manager. Copy paste semua file dan folder PCMAV 4.7 ke folder di mana PCMAV lama diletakkan (silahkan timpa semua file dan folder lama), sebagai contoh, kami letakkan di folder "D:\PCMAV\". Seharusnya pada folder PCMAV akan terdapat file PCMAV.exe, README.txt, dua buah folder masing-masing adalah folder "lib" yang berisi file library PCMAV, "vdb" yang berisi file-file vdb dan sebuah folder bernama "plugins" yang bersisi folder "Clamav" jika Anda telah mengintegrasikan Clamav bersama PCMAV.
Catatan: Bila ingin memanfaatkan fitur exception dan proxy, Anda dapat membuat exception.txt dan proxy.txt menggunakan notepad lalu menyimpannya pada folder yang sama (silahkan baca README.txt untuk informasi lebih lengkap).
Cara menggabungkan Clamav bersama PCMAV 4.7:

Download dan extract Clamav engine terbaru. Letakkan semua file yang Anda dapatkan pada folder "D:\PCMAV\plugins\Clamav\" sehingga pada folder tersebut terdapat file-file library Clamav dan msvcrt serta file definisi virus Clamav berupa "main.cvd" dan "daily.cvd" yang mana Anda perlu men-download-nya terlebih dahulu.
Catatan: Anda juga dapat menambahkan dua file database signature baru Clamav, "bytecode.cvd" dan "safebrowsing.cvd" dan meletakkan pada folder yang sama agar pengenalan virus yang diperoleh menjadi lebih besar (lebih dari 1.300.000 virus beserta variannya).
Perlu Anda ketahui, pada penggabungan PCMAV dengan ClamAV, file signature yang wajib ada adalah main.cvd dan daily.cvd sedangkan bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd bersifat opsional. Tentang bytecode.cvd dan safebrowsing.cvd.

Setelah semua file yang dibutuhkan lengkap, jalankan PCMAV 4.7 dengan cara mengklik ganda pada file PCMAV.exe, beberapa saat kemudian PCMAV akan memeriksa apakah pada komputer masih mejalankan library PCMAV versi sebelumnya (PCMAV 2.3, Ragnarok2 TP, Ragnarok2 beta atau PCMAV 4.0 - PCMAV 4.2). Jika ditampilkan dialog Information, silahkan ikuti dengan mengklik tombol "OK" untuk merestart komputer Anda.
Catatan: Bagi Anda yang baru pertama kali menjalankan PCMAV, silahkan tempatkan semua file PCMAV 4.7 dalam satu folder lalu jalankanlah PCMAV.exe, seharusnya dialog Information tidak Anda dapatkan.
Cara mengupdate otomatis PCMAV update build dan definisi virus Clamav:

Bagi pengguna dengan koneksi internet yang telah tersedia saat komputer dinyalakan maka secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan update definisi virus, baik PCMAV update build maupun Clamav. Namun, bagi pengguna yang tidak secara langsung terhubung ke internet atau pengguna internet dialup, silahkan hubungkan komputer dengan internet terlebih dahulu, klik kanan ikon PCMAV lalu pilih menu "update", secara otomatis PCMAV akan memeriksa ketersediaan PCMAV update build (cara ini tidak berlaku untuk mengupdate definisi virus Clamav, namun ketika update build PCMAV telah tersedia maka otomatis definisi virus Clamav juga akan turut diupdate).
Peringatan!!!: Sebaiknya Anda membaca README.txt yang disertakan terlebih dahulu sebelum menggunakan PCMAV. Jika PCMAV tidak berjalan sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan keluhan melalui forum resmi di  http://forum.virusindonesia.com/.

Hak Cipta PCMAV adalah milik Majalah PC Media - Pinpoint Publications Group.

Link ke halaman download PCMAV 4.7 dan Clamav Terbaru :
Download Clamav 0.97.0 :
Download Clamav virus definisi :
Download new database signature ClamAV :
Catatan: Jika dengan cara penunjukan langsung pada link, browser Anda gagal mendownload keempat file database signature tersebut, silahkan klik kanan pada masing-masing link lalu pilih menu "Save Link As" / "Simpan Tautan dengan Nama..." untuk mendownloadnya.
Jika Anda mengalami kesulitan saat mengikuti tutorial ini atau Anda mendapati link yang tersedia tidak berfungsi sebagaimana mestinya, silahkan sampaikan pada komentar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Mengatasi PC Saat Lagi Lambat atau Lemot

Posted: 28 Feb 2011 08:33 AM PST

Tips Mengatasi PC Saat Lagi Lambat atau Lemot  - Hal ini adalah hal yang paling menyebalkan ketika kita sedang menggunakan PC/laptop ternyata tidak mendukung performa yang kita butuhkan, terlebih jika sesudah lemot/lambat, komputer kita mengalami hang, sangat sebal tentunya. Apalagi ketika Anda benar-benar lagi butuh kinerja PC/laptop yang prima untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang mungkin tidak bisa ditunda lagi. Hal itu saya alami dan saya coba kesana kemari hingga akhirnya menemukan tips yang pantas untuk sobat semua coba jika mengalami masalah yang sama yaitu Bagaimana CaranMengatasi PC Saat Lagi Lambat atau Lemot
Berikut  tips cara cepat mengatasi kinerja PC atau Laptop yang sedang melambat atau lagi lemot. Tips ini hanya berlaku untuk Anda yang menggunakan Sistem Operasi Windows :

  1. Klik kanan Icon My Computer, pilih Manage
  2. Klik Event Viewer, dan anda akan melihat sub-subnya yaitu Aplication, System dsb.
  3. Klik Kanan Aplication, pilih Clear All Events, kemudian pilih No agar tidak perlu menyimpannya.
  4. Hal yang sama juga lakukan pada System, klik kanan System, pilih Clear All Events, Kemudian pilih No.
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, maka seketika windows akan berjalan jauh lebih cepat dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan windows menggunakan resource pada Memori/RAM untuk melakukan pencatatan, pengecekan dan penyimpanan Log File, ini yang sebenarnya tidak begitu perlu kita gunakan.

------Semoga Bermanfaat------

Cara Disable Windows XP Automatic Update

Posted: 28 Feb 2011 07:56 AM PST

Cara Disable Windows XP Automatic Update - Windows XP Terkadang kita tidak sadar bahwa computer kita melakukan updating secara tersembunyi. Di sini saya akan memberikan sebuah trik bagaimana caranya untuk menonaktifkan Windows Automatic Update. ini semua tentu sudah saya coba dan saya praktikan pada komputer pribadi saya, terutama untuk menjawab masalah yang sama yang terjadi pada komputer rekan saya.
I. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah "Klik Start (pada menu program), Select Run". Lihat gambar dibawah ini:
Gambar 1
II. Pada interface (kotak dialog dari Run) ketiklah "msconfig" untuk membuka System Configuration Utility. Lihat gambar -2

Gambar 2
III. Pada tampilan dari System Configuraion Utility; Click tab Service. Selanjutnya cari Automatic Updates serta hilangkan Centangnya.
Contoh: Gambar 3
Gambar 3
Selanjutnya anda klik Ok, dan Lakukan Rebooting Windows Untuk menjalankan (mengaktifkanya).

Keterangan:
"Jangan sekali kali merubah Configurasi di sini apabila anda tidak tahu betul apa fungsi dari Services yang running."
------Semoga Bermanfaat------


Jangan Lupa Jempolnya :


 

Dibutuhkan Bulan ini :

Paling Dibutuhkan :

Dibutuhkan Minggu Ini

© 2011 tutorial blogger indonesia PublisedSeo Template Blogger Converted Template by Hack Tutors.info